Minggu, 31 Oktober 2010

The Egg Science

Untuk membentuk tubuh atletis ideal seperti finalis L-Men of the Year, Protein merupakan salah satu faktor nutrisi yang penting. Salah satu sumber protein yang sering dikonsumsi adalah telur. Apa yang membuat protein telur menjadi demikian istimewa?

Putih telur merupakan komponen terbesar dari sebuah telur utuh, yang menyusun sekitar 58% dari sebuah telur, dibandingkan dengan kuning telur yang hanya 31% saja1. Komponen putih telur terdiri dari air (87%), protein (12%), dan lemak (0,3%). Kuning telur memiliki komponen protein lebih tinggi (17%) namun juga memiliki lemak yang jauh lebih besar (32,2%). Hal ini menyebabkan putih telur lebih direkomendasikan sebagai sumber protein untuk Anda konsumsi2.

Putih telur juga dinilai sebagai sumber protein yang baik karena mampu diserap tubuh secara sempurna untuk digunakan sebagai bahan pembentuk otot Anda3. Putih telur juga kaya akan asam amino esensial seperti Lisin, Threonin, Valin, Isoleusin, Leusin, Metionin, Fenilalanin, Tryptophan, dan Histidin. Leusin sendiri merupakan asam amino penting yang berperan dalam merangsang –pembentukan otot. Putih telur juga disarankan sebagai sumber asupan protein berkaualitas tinggi dalam pola diet3. Konsumsi asupan tinggi protein telur dapat merangsang pembentukan otot (muscle protein synthesis)4.

Dengan segala manfaat telur diatas, ternyata mengkonsumsi telur juga dapat membahayakan Anda jika dikonsumsi secara mentah. Departemen Kesehatan Inggris menyatakan bahwa mengkonsumsi telur mentah atau pun makanan yang mengandung telur tanpa proses pemasakan, dapat mengakibatkan keracunan. Adapun ciri putih telur yang masih mentah adalah putih telur yang masih berbentuk cair. Hal ini dikarenakan telur mentah mengandung bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan penyakit serius, misalnya Salmonella typhimurium yang mengakibatkan penyakit tipes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar