Minggu, 31 Oktober 2010

Ilmuwan Bantah Ada 'Tante Girang'

Istilah tante girang kerap dikaitkan perempuan pecinta pria lebih muda, seperti Demmi Moore dan Aston Kutcher atau Yuni Shara dan Raffi Ahmad. Itu, ilmuwan membantahnya.

Beberapa ahli psikologi Inggris mengatakan bahwa fenomena ini tidak terjadi di kehidupan nyata. Mereka melakukan studi di beberapa situs kencan online dan menemukan bahwa perempuan masih berpikiran tradisional saat mencari pasangan ideal.

Perempuan akan mencari pria lebih tua dan lebih mapan sementara pria menginginkan wanita yang lebih muda dan menarik. Ini memunculkan simbiosis mutualisme di mana pria juga mencari pasangan lebih muda.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Evolution and Human Behaviour. Dr. Michael Dunn, psikolog di Universityof Wales yang memimpin studi ini, menganalisis 22 ribu perempuan dan pria yang menggunakan situs kencan di 14 negara.

"Sebuah pertimbangan menyangkut usia calon pasangan berpengaruh pada pengiklan situs kencan online," kata Dr. Dunn.

Meskipun begitu, Dr. Dunn akui kesimpulan ini tidaklah mutlak. "Ada beberapa variasi budaya yang ekstrim namun sebagian besar perempuan memilih pria yang seumuran atau lebih tua."

Pria muda berusia sekitar 20 tahun hingga 25 tahun biasanya juga memilih perempuan seumuran atau cenderung lebih muda. "Pria selalu fokus kepada daya tarik fisik yang berhubungan dengan masa kesuburan maksimum," tandas Dr. Dunn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar